animasi text

Mari Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 28 Mei 2011

Berbagai Peralatan TIK

Sumber: Agus Buono dkk, 2010, Dian Rakyat-Jakarta
Seriring dengan perkembangan jaman, penemuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi  (TIK) semakin pesat. Manusia semakin mudah melakukan pertukaran informasi. Berbagai peralatan TIK dapat kita temui contohnya:
1.    Telepon
Telepon berasal dari kata tele yang berati jauh dan phone yang berate suara. Telepon adalah alat komunikasi dua arah yang dapat mengirimkan dan menerima suara melalui sinyal listrik.
2.    Telepon Seluler
Telepon seluler biasa disebut dengan telepon genggam atau handphone. Telepon seluler merupakan pengembangan dari teknologi telepon. Alat ini dapat dibawa-bawa (mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan kabel (nirkabel atau wireless)
3.       Faksimile
Faksimile adalah alat yang dapat mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama seperti aslinya. Si penerima informasi dari mesin facsimile akan mendapatkan fotokopi dokumen asli.

4.       Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk suara melalui gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara. Siaran radio saat ini semakin popular dengan beragam acara seperti berita, drama, music, dan hiburan lainnya.
5.       Televisi
Televisi berati dapat melihat dari jarak jauh. Sama seperti radio, televisi juga menggunakan gelombang elektromagnetik. Perbedaannya, melalui radio hanya dapat memperoleh informasi melalui suara sedangkan melalui televisi dapat melihat gambar yang disampaikan. Saat ini layar televisi sudah ada yang menggunakan layar LCD atau plasma yang memiliki resolusi tinggi.
6.       PDA (Personal Digital Assistant)
PDA merupakan peralatan elektronik berbasis komputer berbentuk kecil dan dapat dibawa kemana-mana. PDA dioperasikan dengan menggunakan fasilitas layar sentuh.
7.       Laptop atau Notebook
Laptop merupakan komputer yang portebel (dapat dibawa kemana-mana) dan berukuran kecil dan ringan. Fungsi laptop sama dengan komputer desktop pada umumnya. Sumber energi laptop berasal dari baterai yang dapat diisi ulang dengan menggunakan adaptop A/C.
8.       Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar